Diberdayakan oleh Blogger.

alexa

Followers

9.24.2011


Apa yang terjadi jika kamu tidak terkoneksi dengan internet selama 60 detik? dan apa saja yang terupdate hanya dalam kurung waktu 1 menit tersebut? dan inilah beberapa hal yang akan kamu lewatkan hanya dalam 1 menit :
  • 1500+ postingan di blog
  • 98,000 twit terbaru
  • 12,000 iklan terbaru di craiglist(FJB Terbesar)
  • 20,000 postingan terbaru di Tumblr
  • 600 video terbaru di Youtube
  • 70 Domain Didaftarkan
  • 13,000 Aplikasi iPhone telah diunduh
  • 320 Akun Twitter terbaru
  • 100 Akun Linkedin terbaru
  • 6,600 Foto dipublish di Flickr
  • 125 Plugin WordPress terunduh
  • 50 Core WordPress terunduh
  • 79,364 Wall terkirim di Facebook
  • 695,000 Status Facebook diupdate
  • 510,040 Komentar muncul di Facebook
  • 1,700 Aplikasi Mozilla Firefox terunduh
  • 694,445 kata dicari di Google
  • 168 Juta Email terkirim
  • 60 Blog terbaru dibuat
  • 40 Pertanyaan di Yahoo answer dan 100 jawaban diberikan
  • 1,600 Orang Membaca di Scribd
  • 1 Kata terdefinisi di Urban Dictonaries
  • total 370,000 menit telepon di Skype
  • 13,000 jam musik streaming di Pandora
Seperti itulah yang terjadi di internet selama 60 detik, dan kamu sekarang telah tahu kenapa 1 menit begitu berharga di dunia maya.
Dalam 60 detik, jutaan peristiwa terjadi di dunia maya. Tak heran jika internet merupakan tempat yang paling sibuk di dunia. Jejaring sosial menjadi laman yang paling banyak dikunjungi. Sudah menjadi rahasia umum jika internet adalah tempat paling sibuk di dunia. Sangat mungkin setiap hari orang akan menghabiskan waktu berjam-jam berselancar di dunia maya, baik lewat personal komputer maupun telepon genggam pintar (smartphone).
Tetapi, pernahkah membayangkan bahwa hanya dalam waktu 60 detik, jutaan peristiwa terjadi di internet. Boleh jadi, fakta yang diungkapkan Go-Globe.com bisa membuat pengguna internet tercengang. Hanya dalam tempo 60 detik, lebih dari 695.000 status di jejaring sosial Facebook diperbarui di samping 79.364 kiriman di dinding dan munculnya lebih dari 510.000 komentar. 
Dalam waktu 60 detik itu juga, lebih dari 13.000 jam streaming musik diputar di Pandora. Lalu di Skype, layanan panggilan suara gratis via internet, hanya dalam waktu 60 detik memfasilitasi lebih dari 370.000 menit panggilan. Sekitar 168 juta e-mail terkirim juga dalam waktu 1 menit yang sama.
Kemudian, ada lebih dari 98.000 kicauan terjadi di Twitter dan muncul lebih dari 320 akun Twitter baru. Masih dalam waktu 60 detik, lebih dari 6.600 gambar baru diunggah di Flicker. Sementara terdapat 694.445 pencarian lewat mesin pencari Google, dan lebih dari 600 video baru muncul di Youtube dengan total durasi mencapai lebih dari 25 jam.
Belum lagi dengan lebih dari 13.000 aplikasi iPhone yang diunduh. Semua peristiwa di dunia maya itu menarik karena terjadi secara bersamaan hanya dalam waktu 60 detik. Karena itu, 1 menit begitu berharga di dunia maya. Tidak heran jika sebagian besar masyarakat dunia saat ini begitu menikmati manfaat internet.
Tidak sedikit dari mereka yang menjadikan internet sebagai instrumen yang sangat diperlukan untuk membantu pekerjaan, pendidikan,dan komunikasi. Lalu, pertanyaan yang sering muncul, berapa lama orang bisa menghabiskan waktunya di depan internet yang notabene adalah buah dari kemajuan teknologi?
Berdasarkan trend pengguna internet yang dilansir globalwebindex, saat ini jejaring sosial menjadi laman yang paling banyak dan lama dikunjungi pengguna. Berbagai situs jejaring sosial bermunculan baik dalam lingkungan kecil hingga besar. Kendati begitu, Facebook adalah yang terbanyak memiliki anggota di seluruh dunia.
Hingga saat ini setidaknya situs yang dikelola Mark Zuckerberg ini mengklaim 750 juta orang terdaftar di Facebook. Data comScore (data Media Metrix) yang dilansir April 2011 berdasarkan negara yang paling lama menggunakan situs jejaring sosial per hari menunjukkan, pengguna di Israel yang paling sering berlama-lama di situs jejaring sosial dengan waktu 10,7 jam setiap hari per bulan per orang.
Lalu urutan kedua ialah Rusia dengan lama waktu 10,3 jam, Argentina 8,4 jam, Filipina dengan 7,9 jam, serta Turki dengan waktu 7,8 jam per orang. Lalu, berapa lama orang Indonesia bertahan di situs-situs jejaring sosial? Ternyata hanya 4,6 jam per orang rata-rata.
Data ini adalah angka rata-rata per orang, bukan berdasarkan jenis situs jejaring sosial, namun berdasarkan lama akses ke sebuah situs dan berapa lama mereka mengaksesnya. Bagi sebagian orang, waktu yang dihabiskan di internet dapat sangat mendukung produktivitas. Tetapi,bagi sebagian yang lain justru sebaliknya.
Penggunaan internet dirasakan mengganggu kehidupan sehari-hari, kerja, dan hubungan sosial. Terlebih selama ini pengguna internet di kalangan muda lebih banyak mengakses situs jejaring sosial.Yang sering terjadi selama ini, para pengguna terlalu asyik dengan kegiatannya di dunia maya tersebut.
Lalu, di era teknologi digital seperti sekarang ini, telepon seluler yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat penerima dan pemanggil jarak jauh, kini dapat digunakan untuk mengakses internet dan situs jejaring sosial. Jadi pengguna tidak perlu lagi ke warnet untuk mengakses situs pertemanan.
Sebuah penelitian Aryn Karpinski, peneliti Ohio State University, menunjukkan, para mahasiswa pengguna aktif jejaring sosial ternyata nilai pelajarannya lebih rendah dibanding mereka yang tidak menggunakan situs jejaring sosial. Dari 219 mahasiswa yang diriset Karpinski, 148 mahasiswa pengguna Facebook  ternyata memiliki nilai yang lebih rendah daripada mahasiswa nonpengguna. Menurut Karpinski, memang tidak ada korelasi secara langsung antara jejaring sosial dan nilai mahasiswa menjadi turun.
Tetapi, jejaring sosial diduga menyebabkan waktu belajar para siswa tersita keasyikan berselancar di internet. Rata-rata para siswa pengguna jejaring sosial kehilangan waktu antara 1–5 jam waktu belajarnya per minggu untuk bermain jejaring sosial di internet. Karena itu,untuk lebih meminimalkan dampak negatif yang dihasilkan dari situs jejaring sosial, sebaiknya menggunakan internet dan jejaring sosial dengan bijak.

0 komentar

Posting Komentar