Diberdayakan oleh Blogger.

alexa

Followers

5.31.2012

Cara Mengetahui Keylogger di Komputer / PC

Cara Mengetahui Keylogger di Komputer / PC
Apa Itu Keylogger


Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam aktifitas pengguna komputer.
Berasal dari kata kerja “log”. Orang/program yang melakukan aktifitas log ini namanya “logger”. Sedangkan “logging” berarti adalah istilah untuk kegiatan “merekam” aktifitas log-nya. Yaaah…. bahasa inggris gitu deh. Hehehe..

Banyak metode untuk merekam aktifitas pengguna komputer… Ada yang berdasarkan key stroke (rekaman langsung semua kata yang dipencet di keyboard), ada yang memantau clipboard Windows (yang pake Windows nih..), ada juga keylogger yang secara terang-terangan memiliki interface yang cantik, padahal ternyata menipu. Dan mungkin masih banyak lagi cara-cara “logging” aktifitas pengguna dengan memanfaatkan keylogger.

Langsung ke praktek yuyayu..?!

Sebelumnya, ada alasan mengapa saya menulis tentang keylogger ini. Saya mengutip pembicaraan seorang ahli keamanan komputer yang menjelaskan kurang lebih begini:

“Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam password yang di ketik oleh pengguna”.


Jadi,gimana cara mengetahui keylogger?

CARA MENGETAHUI serangan KEYLOGGER DI KOMPUTER / PC.
Keylogger memang sangat berbahaya, terutama apabila sudah menginfeksi komputer brur yang terkoneksi ke internet dan brur enggak menyadarinya. Bisa-bisa semua password yang penting seperti password paypal, libertyreserve, klikbca, Facebook dicuri (Kan bisa berabe). Tetapi, sekarang ada kok cara mudah untuk tahu. Penasaran? . . .

1. Program Keylogger

Oke langsung aja yuk ikuti step by stepnya :

Buka command prompt.
Masuk ke accessories >> command prompt
Ketikkan dir kemudian tekan enter


cara mengetahui program keylogger di komputer PC.
Apa Itu Keylogger



Jika sudah sekarang brur ingat angka yang muncul di command prompt (Bisa brur tuliskan angkanya di kertas supaya enggak lupa).

cara mengetahui program keylogger di komputer PC
Apa Itu Keylogger


Kemudian sekarang buka program notepad ketik sembarangan dan usahakan agak banyak, tetapi jangan disave

Ulangi langkah 1 s/d 3, setelah itu lihat angka yang muncul. Apakah angkanya berubah atau enggak? Bilamana angkanya berubah berarti komputer atau PC brur terkena serangan keylogger.

Bravo! Sekarang brur udah tahu apakah komputer brur kena infeksi keylogger atau enggak. Sebenarnya ini adalah cara tersimpel dan termudah untuk mengetahui keylogger di PC atau komputer. Keylogger yang aktif akan memakan memori komputer saat brur mengetik, walaupun hasil ketikan itu enggak disave, karena programnya tersembunyi dan langsung otomatis eksekusi begitu komputer dinyalakan.

Selamat mencoba!


0 komentar

Posting Komentar