Diberdayakan oleh Blogger.

alexa

Followers

11.08.2011

Cara Praktis Encrypt File PDF Menggunakan PDF XChange

Atas saran dari beberapa comment pada artikel trik membuat teks file PDF tidak bisa di-copy paste, kami mencoba memberikan tutorial bagaimana cara meng-encrypt file PDF menggunakan aplikasi PDF XChange. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa memberi password pada file PDF sehingga tidak semua orang bisa membuka file tersebut kecuali mereka tahu password dari file PDF yang anda berikan. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada saudara dengan nick HW yang memberikan sedikit pencerahan bagaimana cara menggunakan PDF XChange. Berikut kami berikan tutorial bagaimana cara meng-encrypt file PDF agar tidak bisa dibuka maupun di copy oleh sembarang orang: • Download aplikasi PDF XChange di http://www.tracker-software.com/product/downloads. • Ekstrak file ZIP yang baru saja anda download. • Install file installer dan ikuti proses install sampai selesai. • Selanjutnya, buka aplikasi lain yang bisa digunakan untuk print dokumen atau file lain. Sebagai contoh, kami menggunakan aplikasi Microsoft Word. • Buka salah satu dokumen word yang ingin di encrypt, kemudian print menggunakan PDF XChange. • Klik tombol OK dan lanjuktan dengan memilih Additional Properties dan konfigurasi file PDF seperti yang anda inginkan.
• Sebagai contoh, di sini akan ditambahkan beberapa keterangan dan detail dari file PDF tersebut, maka pada pilihan Information tambahkan keterangan tambahan dari file PDF tersebut.
• Jika ingin menambahkan password, klik tab Security dan masukkan password ke dalamnya. Password Required to Open the document berfungsi untuk memberi password jika document di buka sedangkan Password Required to Change Permissions and/or Password berfungsi jika ingin merubah password atau permission dari file PDF. • Sedangakn pada bagain Encryption Level berfungsi sebagai pilihan enkripsi apa yang akan digunakan. Harap diperhatikan, jika menggunakan encrypt tingkat tinggi (Sebagai contoh 256-bit AES (Acrobat 9.0 and later)), maka yang bisa membuka file tersebut adalah Adobe Reader versi 9.0 atau yang lebih baru. Jika menggunakan versi Adobe Reader yang lebih lama, maka akan muncul pesan error seperti beikut ini. Pastikan Adobe Reader yang digunakan adalah versi yang bisa mendukung file PDF hasil encrypt.
• Pilihan Allow Printing, Allow Change the Document, Allow Content Copying or Extraction, Enable Accessibility dan Allow Adding or Changing Comments and Form Fields juga bisa anda pilih sesuaid dengan keinginan anda. • Salah satu fasilitas pada PDF XChange, anda bisa mengirim file PDF hasil encrypt melalui eMail. Untuk melakukannya, klik Tab eMail pada aplikasi PDF XChange. • Terakhir kali klik tombol OK yang diikuti dengan klik tombol Save. Selesai sudah, anda sudah memiliki file PDF yang sudah di encrypt. Coba buka file tersebut maka sebelum membaca file anda harus terlebih dahulu memasukkan password dari file PDF.
Jika salah memasukkan password, file tidak akan bisa dibuka dan anda harus mengulangi lagi dengan membuka file tersebut. Pastikan juga PDF reader yang digunakan support dengan enkripsi file yang diberlakukan oleh PDF XChange. Selamat mencoba!

0 komentar

Poskan Komentar